Senin, 23 Maret 2009

Kurikulum SDBI Al Hikmah

Standar Isi

  • Mencakup Pelajaran sesuai KTSP dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk pelajaran sains, matematika, dan IT.
  • Beban belajar siswa disesuaikan dengan struktur kurikulum.

Standar Proses

  • Proses pembelajaran dilaksanakan sesuai karakter masing-masing pelajaran yang disesuaikan dengan karakter anak tiap jenjang.
  • Jenjang 1 – 3 menerapkan pendekatan tematik khas SD Al Hikmah, sedangkan jenjang 4 – 6 berorientasi pada penguasaan materi pelajaran.

Standar Kompetensi Lulusan

  • Siswa lulusan SD BI Al Hikmah memenuhi SKL Diknas dan Jaminan kualitas YLPIH
  • Lulusan SD BI Al Hikmah mampu meneruskan ke SMP yang menerapkan SBI (siap dalam hal B. Inggris dan ICT)

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  • Semua tenaga pengajar di SD BI Al Hikmah minimal berijazah S 1
  • Semua tenaga pendidik dan staf di SD BI Al Hikmah megetahui dan atau menguasai TIK dan bahasa asing dengan standar yang ditetapkan sekolah atau YLPIH.

Standar Prasarana dan Sarana

  • Setiap kelas SD BI Al Hikmah memiliki sarana standar Al Hikmah ditambah dengan fasilitas multimedia yang mendukung setiap pembelajaran.
  • Sarana lab. Multimedia bisa dipakai untuk berbagai mata pelajaran yang sesuai.

Standar Penilaian

  • Penilaian akademis disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran.
  • Penilaian psikomotor
  • Penilaian sikap didasarkan pada empat aspek, yaitu:
    • Sikap terhadap pelajaran.
    • Sikap terhadap guru.
    • Sikap pada saat proses pembelajaran.
    • Sikap yang menyangkut norma pelajaran.
Diferensiasi
  • Pelajaran Bahasa Inggris kelas 2 dan 3 menjadi 3 JPL
  • Pelajaran komputer di kelas 1 menjadi 2 JPL
  • Bahasa pengantar MIPA dan IT dengan bahasa inggris.
  • Ada evaluasi dari pelajaran MIPA dan IT menggunakan bahasa Inggris.
  • Komentar rapor oleh anak menggunakan bahasa Inggris.
  • Standar sarana kelas lebih lengkap (dilengkapi Laptop/PC, screen, dan LCD Projector, dan sound system)